Sabtu, 27 Februari 2010

Mengenal Spam Blog dan Menghindarinya

Kita kadang tidak sadar selama ngeblog, telah melakukan teknik Spam dengan beberapa trik yang kita peroleh, karena kurang pemahaman, termasuk saya. Spam kurang lebih memiliki tujuan untuk meningkatkan trafik, posisi di mesin pencari, dan sebagainya, dengan cara yang kurang baik, baik secara on-page maupun off-page.

Untuk lengkapnya apa itu Spam bisa dibaca di link berikut dan beberapa tautan didalamnya (wikipedia.org):

Di artikel Spam blog-Controversy, bahkan blog yang bernaung di blogger.com jadi bernada miring.

Kegiatan Spam pun akhirnya menjadi musuh mesin pencari. Beberapa mesin pencari terus berbenah untuk menangkis kegiatan tersebut. Jadi mesti hati-hati menggunakan teknik seo yang tidak dianjurkan. Di tulisan Dhany, "Apakah Situs Web Anda Termasuk Spam?", bisa jadi referensi yang cukup baik untuk kita mengenal dan menghindari agar web atau blog anda tidak dianggap spam oleh mesin pencari. Beberapa artikel terkait SEO juga dipaparkan dengan baik oleh Dhany di blog tersebut.

Saya sempet bertanya tentang komentar yang tidak menggunakan nama, tapi menggunakan keyword tertentu, apakah dianggap spam. Menurut Dhany tidak masalah untuk mesin pencari, jadi lebih kerelaan dari si pemilik blog. Makanya terkadang kita melihat di sebuah blog diberikan tata cara untuk komentar di blognya. Dhany pun memiliki aturan untuk komentar blognya. Dan tentunya ada kode etik (walau bukan konvensi) untuk berkomentar. Seperti Dani, dalam tulisannya "Berkomentar di Blog untuk Memperkaya Konten" sepertinya menjadi hal yang mesti dibangun. Tapi tetap menurutnya, itu tergantung masing-masing, selalu ada hitam dan putih.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More