Sabtu, 27 Februari 2010

Memasang dan Mengecek Canonical Link Element di Blogger Template

Mesin pencari telah mendukung "Canonical Link Element" untuk mencegah terjadinya duplikat dokumen atau konten. Secara default kini mesin blogger (XML) telah menyisipkan elemen tersebut. Tapi untuk pengguna template yang telah di modifikasi, dan juga "template classic" yang sudah tidak diperhatikan blogger.com, perlu memasang "Canonical Link Element" tersebut secara manual.

Sebelum beranjak lebih lanjut anda dapat mempejari pengertian dan maksud dari "Canonical Link Element" di Canonical Link Element: presentation from SMX West, yang disajikan dalam bentuk video dan slide.

Memasang "Canonical Link Element" di Blogger

Garis besar "Canonical Link Element" seperti berikut, disimpan dibawah <head>:

<link href='url' rel='canonical'/>

Untuk Template Classic, modifikasinya seperti ini:

<MainPage><link href='http://deconstructioncode.blogspot.com/' rel='canonical'/> </MainPage>
<Blogger><ItemPage><link href='<$BlogItemPermalinkURL$>' rel='canonical'/> </ItemPage></Blogger>

catatan: MainPage berarti halaman index, sedangkan ItemPage untuk halaman postingan. Untuk halaman arsip saya tidak menemukan caranya, kalau ada yang dapat caranya share yah :). Atau mungkin ada yang lebih simpel dan maksimal hasilnya seperti "Template XML" dibawah ini.

Untuk Template XML , tinggal pasang ini:

<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>

(trik untuk Template XML diperoleh di: Penggunaan rel=”canonical” di Platform Blogger / Blogspot)

Mengecek "Canonical Link Element" dengan Firefox

Mengecek "Canonical Link Element" selain dengan "view page source" juga dapat menggunakan browser Mozila Firefox pada bagian atas di alamat url ada lambang "C" dengan lingkaran berwarna abu-abu, seperti berikut:

Lambang Canonical Link dengan Firefox

berarti "Canonical Link Element" telah terpasang di blog anda. Jika belum ada berarti element tersebut belum terpasang. Tapi ada juga lambang "C" dengan lingkaran berwarna biru, seperti gambar berikut:

Lambang Canonical Link dengan Firefox dengan linkar biru

itu berarti bukan bagian dari "Canonical", dalam artian itu adalah bagian dari duplikatnya. Dan apabila kita klik lambang "C" dengan lingkar biru tersebut akan ditujukan ke link "Canonical" nya.

Contoh, alamat permalink komen di blog ini:

http://deconstructioncode.blogspot.com/2010/02/free-blogger-template-classic.html?showComment=1266922514423#c3650566618501861005

Alamat permalink komen diatas tersebut berwarna biru pada lingkaran "huruf C" nya, berarti alamat permalink komen adalah link duplikatnya. Dan apabila kita klik lingkaran "C" yang berwarna biru tersebut, maka akan diarahkan ke alamat postingannya seperti berikut:

http://deconstructioncode.blogspot.com/2010/02/free-blogger-template-classic.html

dan alamat link postingan tersebut yang lingkaran "C" nya berwarna abu-abu atau "link Canonical" nya.

Kurang lebih seperti itu, kalau salah tolong di koreksi.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More