Minggu, 07 Juni 2009

Mengenal domain dan hosting

Menyambung short posting saya yang berjudul Belajar di area Hosting Berbayar Yuk! hal pertama di lakukan adalah mengenal domain dan hosting karena ini merupakan hal penting dalam membuat sebuah blog atau website.

  • Domain

Dalam membuat sebuah website atau blog anda wajib memiliki yang bernama domain. Apa sih  domain itu? mungkin anda pernah mendengar istilah ini dalam pelajaran matematika dulu atau mungkin dalam istilah lain. Jika menilik kepada bahasa umum, domain itu berarti tempat  atau daerah kekuasaan atau daerah yang di kuasai, nah di internetpun anda perlu memiliki sebuah tempat untuk website atau blog anda.

Untuk membedakan antara domain yang satu dengan domain yang lain, maka domain tersebut harus mempunyai nama atau istilah nya Domain Name ( nama domain ). Contoh domain name ( nama domain ) seperti ini : http://kangrohman.com , http://berandaku.com, http://blogspottutorial.com, dan lain sebagainya. Namun dalam istilah sehari-hari Domain Name cukup di sebut sebagai Domain saja.

Nama Domain sangatlah bervariasi tergantung dari tujuan website itu di buat. Jenis domain ini di bedakan dengan kata di belakangnya seperti :

  • .com  ( baca; dot com ) : yaitu untuk website bersifat komersil
  • .org  : untuk website organisasi
  • .info : untuk website berisi informasi
  • .biz : untuk website bisnis
  • .tv ; untuk website stasiun televisi
  • .gov ; untuk website milik pemerintah ( goverment )
  • dan lain - lain

Ada juga domain ini yang lebih mengarah ke teritorial, misal ;

  • .co.id ( baca : dot co dot id ) ; untuk website yang berada di Indonesia
  • .us ; untuk website di amerika ( US : united state )
  • .cn : untuk website di china
  • .co.il ; untuk website di israel
  • .my : untuk website di malaysia
  • dan lain-lain

Akan tetapi fakta di lapangan, nama domain tersebut tidak lagi menjadi identitas, misal domain yang berakhiran .org di pakai untuk website pribadi bukan oleh organisasi, domain berakhiran .info dipakai untuk berjualan ( komersil ) dan lain sebagainya.

Untuk membeli domain, anda bisa membelinya pada website-website penjual domain, baik itu yang diluar negeri atau yang ada di dalam negeri. Namun pembelian ini tidaklah bersifat permanen melainkan dihitung berdasarkan kurun waktu tahunan ( biasanya harga di patok untuk 1 tahun ), atau mungkin sebenarnya istilah yang tepat adalah sewa domain akan tetapi yang populer adalah beli domain bukan sewa domain.

Dalam istilah domain ada yang disebut sub domain ( bagian dari domain ). Sub domain ini di buat dari domain induknya, sub domain dapat dikenali dari penulisannya yang di pisahkan oleh dot ( titik ). misalkan jika domain induk kangrohman.com, kita bisa membuat bebagai sub domain seperti blog.kangrohman.com, tool.kangrohman.com, nangkring.kangrohman.com. Atau contoh yang kongkrit adalah seperti kolom-tutorial.blogspot.com. domain induknya adalah blogspot.com dan sub domainnya adalah kolom-tutorial.

 

  • Hosting
    Jika anda sudah membeli sebuah domain, maka domain tersebut jika diakses adalah merupakan sebuah halaman kosong. Agar sebuah domain bisa di isi dengan apa yang kita inginkan, maka kita perlu sebuah hosting untuk menyimpan database, mesin web atau blog yang digunakan, dll.
      Sebuah ilustrasi ringan, domain itu di ibaratkan sebuah komputer dan hosting di ibaratkan listrik, keduanya saling mendukung satu sama lain. Atau contoh lain ibarat sebuah laptop dengan baterai nya. Jadi, sebuah website haruslah memiliki nama domain serta hosting agar isi website tersebut bisa di akses oleh halayak luas.
        Untuk membuat sebuah webhosting, dibutuhkan peralatan yang sangat mahal, oleh karena itu hadirlah berbagai perusahaan webhosting yang bisa menyewakan space serta bandwidth. Perusahaan webhosting bisa anda temui dengan mudah di Internet, baik itu webhosting yang berada dalam negeri ataupun webhosting yang berada di luar negeri.
          Penyewaan sebuah webhosting biasanya di patok oleh kurun waktu per satu bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, dan sebagainya. Ini tentunya berbeda antara sebuah webhosting dengan webhosting yang lain.

          Untuk posting kali ini di rasa cukup, ke depan akan di coba di posting tips dalam membeli domain, memilih nama domain, memilih hosting yang tepat, dll.

          Jika ada kesalahan dalam pengungkapan dan penulisan tentang domain dan hosting ini, mohon untuk di koreksi oleh para master.

          0 comments:

          Posting Komentar

          Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More